pengertian teknik idiography

pengertian teknik idiography adalah pendekatan psikologis yang digunakan untuk memahami sifat-sifat dasar (tabiat) manusia. berbeda dengan nomotatik, maka ideografi ebih dipusatkan pada hubungan antara sifat yang dimaksud dengan keadaan tertentu dan aspek-aspek kepribadian yang menjadi ciri khas masing-masing individu dalam upaya untuk memahami seseorng (Philip G.Zimbardo, 1979: 295-296).
Pelopor dari penggunaan teknik ideografi dalam psikologi agama adalah gordon Allport. Menurut Allport untuk mempelajari kepribadian semestinya mencakup sifat-sift dasar yang merupakan ciri khas yang ada hubungan antara sesorang dengan perspektif dirinya. Masing-masing sifat dasar (tabiat) yang dimiliki seseorang individu sebagain ciri khas terlihat dalam penampilan sikap seseorang umum (Philip G.Zimbardo, 1979: 297).
Ideografis sebagai pelengkap dari teknik nomotatik untuk mempelajari sifat-sifat dasar manusia secara individu yang berada dalam satu kelompok. Teknik ini banyak digunakan oleh gordon Allport dalam penelitiannya malahan Allport telah menyumbangkan 13 ciri-ciri tentang sikap manusia.
Sumber: Haji Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Press, 2012, halaman 40

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel