pengertian masyarakat


Pengertian masyarakat
Masyarakat didefinisikan sebagai kekuatan impersonal yang mempengaruhi, mengekang dan juga menentukan tingkah laku anggota-anggotanya[1].
Secara lebih komprehensif, Hasan Shadily[2] mengatakan bahwa masyarakat adalah golongan besar atau kecil yang terdiri dari beberapa manusia, yang dengan atau karena sendirinya bertalian secara golongan dan pengaruh-mempengaruhi satu sama lain. Proses pertalian antara manusia yang lain tersebut bukan tanpa adanya aturan-aturan tertentu, umum di dalamnya terdapat norma-norma, cara-cara dan prosedur menurut suatu sistem adat istiadat yang menjadi kesepakatan bersama. Dari sini kemudian masyarakat dapat hidup bekerja sama dalam waktu yang lama sehingga dapat mengatur mereka sebagai suatu kesatuan sosial, sesuai dengan batas-batas yang telah dirumuskan dengan jelas.
Menurut Veeger[3]masyarakat adalah “usaha manusia untuk mengadakan dan memelihara relasi-relasi timbal balik yang mantap”.



[1] Darsono Wisadirana, Sosiologi Pedesaan (Malang: UMM Press, 2005), 23
[2] Hassan Shadily, Sosiologi untuk Masyarakat Desa (Jakarta: PT. Pembangunan, 1993), 31
[3] Veeger KJ, Realitas Sosial, Refleksi Filsafat Sosial atas Hubungan Individu Masyarakat dalam Cakrawala Sejarah Sosiologi (Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 1993), 128

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel