pengertian Assessment

pengertian Assessment adalah kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukuran atau membanding-bandingkan dan tidak sampai ke taraf pengambilan keputusan.

sumber: Ahmad Munjin Nasih, dan Lilik Nur Kholidah, Metode Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Refika Aditama, 2009 halaman181

Pengertian assessment (penilaian) suatu istilah umum bagi proses yang digunakan untuk memberikan value atau nilai pada pengetahuan pembelajar dan/atau pada kemajuan yang diraih dalam mencapai ketrampilan relevan. Secara luas, penilaian dapat diklasifikasikan ke dalam dua jenis. Pertama, formatif yang dapat menguji pemahaman pembelajar tentang suatu subjek sebelum mereka pindah ke tahap lain. Kedua, sumatif yang akan memperhitungkan nilai keseluruhan atau mark yang diperoleh oleh pembelajar untuk karya tertentu.
Biasanya penilaian formatif tidk terlalu berpengaruh pada kenaikan kelas akhir. Akan tetapi, itu bisa memberi indikasi pada pembelajar tentang kemajuan dan tingkat pencapaian tertentu sehingga memungkinkan mereka untuk membentuk pemahaman sepenuhnya. Penilaian formatif bisa juga ditujukan sebagai latihan kuliah, atau diminta untuk menyerahkan karya khusus pada dosen/tutor/instruktur atau mungkin pada electronic forum (forum elektronik) yang bisa dicermati oleh seluruh kelas.

Sumber: Robin Mason & Frank Rennie, Elearning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet Diterjemahkan dari Elearning Taylor Francis, London-New York, 2009 Edisi Indonesia diterbitkan Pustaka Baca Yogyakarta, cetakan I, Januari 2010, halaman 6

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel