pengertian pesantren
Wednesday, May 9, 2012
Pengertian Pesantren
Pesantren merupakan induk dari pendidikan Islam di Indonesia, didirikan
karena adanya tuntutan dan kebutuhan zaman dan hal ini bisa dilihat dari
perjalanan sejarah. Bila kita flashback kebeberapa tahun silam, sesungguhnya
pesantren dilahirkan atas kesadaran kewajiban dakwah Islamiyah, yakni
menyebarkan dan mengembangkan ajaran Islam, sekaligus mencetak kader kader
ulama dan da’i. Pondok pesantren adalah gabungan dari pondok dan pesantren.
Istilah pondok, mungkin berasal dari kata funduk, dari bahasa arab yang berarti
rumah penginapan atau hotel. Akan tetapi didalam pesantren Indonesia, khususnya
pulau Jawa, lebih mirip dengan padepokan, yaitu perumahan sederhana yang
dipetak-petak dalam bentuk kamar-kamar yang merupakan asrama bagi santri.
Sedangkan istilah pesantren secara etimologis asalnya pesantrian yang berarti
tempat santri. Santri atau murid mempelajari agama dari seorang Kyai atau
syeikh di pondok pesantren.[1]
Ridwan Nasir mendefinisikan Pesantren sebagai “lembaga keagamaan yang
memberikan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan dan menyebarkan ilmu
agama Islam”.[2]
Pondok pesantren juga berarti suatu lembaga pendidikan dan pengajaran agama
Islam yang ada umumnya pendidikan dan pengajaran tersebut diberikan secara
non-formal, yaitu dengan sistem bandongan dan sorogan. Dimana Kyai mengajar
santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang tertulis dalam bahasa arab oleh
ulama-ulama besar sejak abad pertengahan, sedang para santri biasanya tinggal
dalam pondok atau asrama dalam pesantren tersebut.[3]
Ada juga yang mengartikan pesantren sebagai suatu lembaga pendidikan Islam
Indonesia yang bersifat tradisional untuk mendalami ilmu agama Islam dan
mengamalkannya sebagai pedoman hidup keseharian.[4]
[1] Ridwan, Nasir. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok
Pesantren di engah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. hlm. 80.
[2] Ridwan, Nasir. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren
di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm 80
[3] Ridwan, Nasir.
2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren di Tengah Arus
Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm 81
[4] Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Sistem
Pendidikan Nasional di Indonesia (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, ), hlm. 27