Pengertian Tasawuf | pengertian

Pengertian Tasawuf

pengertian Tasawuf adalah 

bagian dari syari’at Islam(perwujudan dari ihsan), yang merupakan salah satu dari tiga kerangka ajaran Islam yang lain, yakni iman dan islam. Sebagai manifestasi dari ihsan, tasawuf merupakan penghayatan seseorang terhadap agamanya, dan berpotensi besar untuk menawarkan pembebasan spiritual, sehingga ia mengajak manusia untuk mengenal dirinya dirinya sendiri, dan akhirnya, mengenal Tuhan-Nya.

Sumber:  Dr .Hj.Sri Mulyati,MA.Tasawuf Nusantara rangkaian sufi terkemuka.Jakarta.Kencana.2006

Pengertian Tasawuf adalah

Tasawuf merupakan aliran dalam islam yang lebih mengutamakan soal-soal peribadatan dalam rangka mendekatkan diri pada Tuhan. Menurut ajaran tasawuf  manusia hidup di dunia ini hanyalah untuk melaksakan peribadatan pada Allah dan berusaha untuk mendekatkan diri kepada-Nya.  Menurut kamus bahasa indonesia kata Tasawuf di ambil dari kata Shafa yang berarti bersih, di namakan shufi karena hatinya tulus dan bersih di hadapan Tuhanya. Tasawuf adalah ajaran tentang kepercayaan yang dapat di capai dengan kekuatan kemampuan batin (Kepada Allah).
Simuh berpendapat bahwa Tasawuf adalah proses pemikiran dan perasaan yang menurut tabiatnya sulit di definisikan. Tasawuf berarti mencari jalan untuk meperoleh kecintaan dan kesempurnaan rohani.  Sedangkan menurut Dr. H.A Mustafa, tasawuf adalah suatu kehidupan rohani yang merupakan fitrah manusia dengan tujuan untuk mencapai hakikat yang tinggi. Ilmu Tasawuf menggambarkan tentang keadaan yang berorientasi kepada kesucian jiwa yaitu mengutamakan panggilan Allah. 

sumber : Yatimin Abdulah, Studi Islam Kontemporer, ( Jakarta: Sinar Grafika, 2006),308 -309


Pengertian Terkait

Title : Pengertian Tasawuf
Description : pengertian Tasawuf adalah  bagian dari syari’at Islam(perwujudan dari ihsan), yang merupakan sal...

Followers