pengertian accessibility

pengertian accessibility adalah kata ini punya dua arti. Pertama aksesibilitas komputer pada pengguna indiviual. kedua; aksesbilitas web yang mengacu pada praktik membuat halaman di internet yang dapat diakses semua pengguna, apakah itu melalui modem yang lambat atau dengan koneksi broadband yang hebat. salah satu contoh, file yang sangat besar atau grafik yang rumit mungkin mungkin mustahil untuk di-download tanpa menggunakan koneksi bandwidth tinggi. kalau dipaksa, koneksi akan terhenti.

sumber: tom wayteg, kamus internet cara cepat dan praktis masuk dunia cyber cetakan 1, Surabaya: Penerbit Liris 2013 halaman 1 


Pengertian accessibility (aksesibiltas) dalam hal elearning, aksesibilitas umumnya memiliki dua makna khusus. Pertama, aksesibilitas computer, yang merujuk pada kegunaan dari sistem computer pengguna individual. Konsep ini akan menutupi kecacatan, seperti buta warna, diseleksia, gangguan suara, dan kurangnya ketrampilan manual. Kedua, aksesibilitas web, yang mengacu pada umumnya praktik membuat halaman di Internet yang dapat diakses semua pengguna, apakah mereka mengakses melalui modem yang lambat atau dengan koneksi broadband yang hebat. Salah satu contih, file yang sangat besar atau grafik yang rumit mungkin mustahil untuk didownload tanpa menggunakana koneksi bandwidth tinggi. Jika dipaksakan, hal itu bisa mengakibatkan pembekuan sistem dan frustasi si pengguna.
Salah satu kunci untuk mempertimbangkan aksesibilitas adalah apakah memungkinkan pengguna mengakses informasi dengan cara yang ia pilih sendiri. Jadi, hal ini terkait erat dengan desain yang baik tentang distributed education. Saat membuat agar komputer dan web bisa diakses, perlu perencanaan yang matang agar dapat meningkatkan kegunaannya bagi semua pengguna, bukan hanya mereka yang mempunyai kecacatan tertentu. Contohnya: beberapa pengguna mungkin lebih memilih link teks dari pada icons, atau penggabungan file suara untuk melengkapi gambar belum pasti membawa manfaat bagi pengguna dengan gangguan penglihatan. Maka dari itu, masih dibutuhkan kemampuan para pengguna secara individual untuk memilih sendiri tingkat aksesbilitasnya, misalnya: pengguna yang buta warna harus bisa memilih skema warna tertentu dilayar.Hal ini merupakan fitur yang sedang banyak dikembangkan di situs-situs internet yang bisa diakses.


Sumber: Robin Mason & Frank Rennie, Elearning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet Diterjemahkan dari Elearning Taylor Francis, London-New York, 2009 Edisi Indonesia diterbitkan Pustaka Baca Yogyakarta, cetakan I, Januari 2010, halaman 3

Pengertian aksesibilitas adalah tingkat keterjangkauan. Aspek aksesibilitas tidak selalu berkaitan dengan faktor jarak, tetapi lebih berkaitan dengan kemudahan untuk menjangkau suatu lokasi.

Sumber: Eko Sujatmiko, Kamus IPS , Surakarta: Aksara Sinergi Media Cetakan I, 2014 halaman 8

pengertian accessibility adalah cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi windows.

sumber: Moh. Kusnadi, Kamus Pintar Komputer dan Internet, surabaya: Bintang Usaha Jaya 2011 halaman 9

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel