pengertian problem based learning

pengertian problem based learning adalah suatu metode pendidikan yang berpusat ke peserta didik (learned centered) akan menantang mahasiswa untuk 'learn to learn' (belajar bagaimana belajar), bekerja baik secara perorangan maupun secara kooperatif dalam kelompok untuk mencari solusi atas masalah-masalah didunia nyata. Masalah-masalah nyata ini digunakan untuk melibatkan rasa keingintahuan mahasiswa dan memotivasi mereka untuk mempelajari materi subyek.
problem based learning mempersiapkan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, dan untuk menemukan dan menggunakan sumber-sumber pembelajaran yang tepat. PBL bertujuan menghasilkan pelajar mandiri yang dapat terus belajar sepanjang hidup mereka sendiri dan dalam karir yang mereka pilih.

Sumber: Tom Wayteg, kamus internet, cara cepat dan praktis masuk dunia cyber,Surabaya: penerbit Liris cetakan I 2013 halaman 155

Problem based learning (PBL) adalah metode instruksional yang menantang pembelajar untuk “mempelajari bagaimana cara belajar”, bekerja secara kooperatif dalam kelompok untuk mencari solusi atas masalah-maslaah nyata. Masalah-masalah ini digunakan untuk membangkitkan “rasa ingin tahu” mereka dan memicu pembelajaran terhadap subjek terkait. PBL menyiapkan pembelajar untuk berpikir kritis dan analitis, dan untuk menemukan dan menggunakan sumber-sumber pembelajaran yang tepat.

Sumber: Robin Mason & Frank Rennie, serial konspe-konsep kunci Elearning panduan lengkap memahami dunia digital dan internet, Yogyakarta: Pustaka Baca cetakan I, Januari 2010 halaman xix

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel