pengertian open source

pengertian open source ini mengacu pada software yang memiliki kode sumber (bahasa pemrograman) yang tersedia secara cuma-cuma yang boleh didapatkan publik tanpa biaya. Perangkat lunak itu harus didistribusikan secara gratis dan menyertakan semua dokumen relevan. Programmer dapat menulis ulang dan meningkatkan software itu, namun perbaikan mereka biasanya akan dikembalikan kepemilikan publik juga tanpa biaya.
beberapa instansi pendidikan telah berpindah untuk menggunakan perangkat lunak open source sebagai platfrom untuk mengoperasikan lingkungan belajar virtual(VLE) atau lebih tepatnya, Managed Learnign Environment (MLE), atas dasar bisa menghindari pembayaran biaya lisensi komersial untuk pemasoknya, dan lebih bisa menyesuaikan MLE untuk kebutuhan spesifik mereka. Di sisi lain, karena tidak memiliki pemasok untuk pemeliharaan MLE maka lembaga iu sendiri harus siap mengeluarkan biaya untuk menjalankan dan mengembangkan platform mereka.

Sumber: Tom Wayteg, kamus internet, cara cepat dan praktis masuk dunia cyber,Surabaya: penerbit Liris cetakan I 2013 halaman 145-146

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel