Pengertian helpline/helpdesk
Sunday, July 20, 2014
Pengertian
helpline/helpdesk dengan semakin meningkatnya jumlah peserta didik yang mencari
akses ke materi pendidikan dalam format online, dan dari lokasi yang tersebar
luas secara geografis (lihat distributed education), telah ada kesadaran bahwa
beberapa bantuan teknis seringkali sangat diperlukan.
Suatu helpdesk biasanya
menyediakan saran telepon dari para ahli jaringan, sering memberikan layanan di
luar jam kerja atau sitilahnya 24/7. Layanan seperti ini untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan umum mengenai masalah – masalah yang dihadapi peserta
didik. Masalah-masalah khas itu antara lain peserta didik yang lupa password,
atau kesulitan menghubungi VLE atau MLE institusional, atau mungkin kesulitan
dalam navigasi di VLE untuk mencari discussion board atau komponen lain yang
relevan dengan studi mereka. Nilai bagi helpdesk adalah ia menggunakan
teknologi yang langsung dan sederhana (misalnya pesawat telepon) untuk
menghubungkan orang-orang yang memiliki masalah ke spesialis yang dapat log
kontak telepon mereka dan memberikan jawaban segera. Meskipuntampaknya banyak
dari pertanyaan helpdesk itu relative sepele, sebenarnya ada banyak factor
kenyamanan bagi peserta didik pemula untuk mengetahui bahwa selalu ada bantuan
yang berjarak hanya sekali telepon.
Add caption |
Sumber: Tom
Wayteg, Kamus Internet, Surabaya: Penerbit Liris, 2013 halaman 95