pengertian asynchronous learning
Tuesday, June 17, 2014
pengertian asynchronous learning ini menggambarkan penggunaan internet saat masuk kelingkungan pembelajaran dan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. saat proses pembelajaran ini terjadi, waktunya bisa berbeda atau tempatnya bisa sangat beragam. ini paling umum diterapkan pada kelompok-kelompok
diskusi online dimana pesan-pesan dari peserta didik dan pendidik bisa dibangun selama jangka waktu tertentu. Keuntungannya terutama pada fleksibilitas dalam kemampuan untuk menyesuaikan pembelajaran dianatara komutmen lain (misalnya kerja). Namun hasil edukasi utama adalah waktu untuk refleksi antara posting dan kesempatan untuk memperbaiki pesan sebelum posting. Pembelajaran sistem ini telah disamakan dengan extended seminar, dimana peserta didik saling belajar satu sama lain dengan bimbingan guru.
diskusi online dimana pesan-pesan dari peserta didik dan pendidik bisa dibangun selama jangka waktu tertentu. Keuntungannya terutama pada fleksibilitas dalam kemampuan untuk menyesuaikan pembelajaran dianatara komutmen lain (misalnya kerja). Namun hasil edukasi utama adalah waktu untuk refleksi antara posting dan kesempatan untuk memperbaiki pesan sebelum posting. Pembelajaran sistem ini telah disamakan dengan extended seminar, dimana peserta didik saling belajar satu sama lain dengan bimbingan guru.
asynchronous learning ini bisa dikontraskan dengan interaksi model synchronous learning.
sumber: tom wayteg, kamus internet cara cepat dan praktis masuk dunia cyber cetakan 1, Surabaya: Penerbit Liris 2013 halaman 6-7
Pembelajara
asynchronous learning (pembelajarn yang tidak sinkron) istilah ini digunakan
untuk menggambarkan penggunaan internet saat masuk ke lingkungan pembelajaran
dalam waktu dan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Saat proses
pembelajaran ini terjadi, waktunya bisa berbeda atau tempatnya bisa sangat
beragam. Hal ini paling umum diterapkan pada kelompok-kelompok diskusi online
yang pesan-pesannya dari pembelajar dan pendidik bisa dibangun selama jangka
waktu tertentu. Keuntungan terutama pada fleksibilitas dalam kemampuan untuk
menyelesaikan pembelajaran di anatara komitmen lain (misalnya:kerja). Namun
demikian, hasil edukasi utama adalah waktu untuk refleksi antara posting dan
kesempatan untuk memperbaiki pesan sebelum posting. Pembelajaran sistem ini
telah disamakan dengan extended seminar, yang pembelajarannya saling belahar
satu sama lain dengan bimbingan guru.
Asynchronos
learning ini dapat dikontraskan dengan interactivity yang synchronous learning.
Sumber: Robin
Mason & Frank Rennie, Elearning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan
Internet Diterjemahkan dari Elearning Taylor Francis, London-New York, 2009
Edisi Indonesia diterbitkan Pustaka Baca Yogyakarta, cetakan I, Januari 2010,
halaman 9