Pengertian tes

Pengertian tes berasal dari bahasa latin “testum” yang berarti sebuah piring atau jambangan dari tanah liat. Istilah tes ini kemudian dipergunakan dalam lapangan psikologi dan selanjutnya hanya dibatasi sampai metode psikologi, yaitu suatu cara untuk menyelidiki seseorang. Penyelidikan tersebut dilakukan mulai dari pemberian suatu tugas kepada seseorang atau untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.
Sementara itu, S. Hamid Hasan (1988) menjelaskan tes adalah alat pengumpulan data yang dirancang secara khusus. Kekhususan tes dapat terlihat dari konstruktif butir (soal) yang dipergunakan.” RUmusan ini lebih terfokus pada tes sebagai alat pengumpul data.
Selanjutnya, Conny Semiawan S. (1986) mengemukakan tes adalah alat pengukur untuk menetapakan apakah berbagai faset dari kesan yang kita perkiraan dari seseorang adalah benar merupakan fakta, juga adalah cara untuk menggambarkan bermacam-macam faset ini seobjektif mungkin. Dari pendapat diatas, dapat penulis kemukakan bahwa hakikatnya tes adalah suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dijawab oleh peserta didik tes adalah sebagai alat ukur.
Sumber: Drs. Zainal Arifin, M.PD. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, prosedur, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012 halaman 2-3


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel