Pengertian VR (Virtual Reality)


Pengertian VR (Virtual Reality) adalah lingkungan semu yang diciptakan dan dismulasikan oleh komputer menyerupai dunia nyata. Teknologi VR pada awalnya dikembangkan dengan tujuan untuk hiburan, tapi saat ini telah digunakan pada bidang militer dan medis.

sumber: Anggota IKAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 176

pengertian virtual reality adalah efek menggunakan software komputer untuk membuat sebuah simulasi terhadap realitas. Meski pada awalnya diciptakan sebagai lingkungan bagi imersi total, dan cepat diadopsi untuk digunakan dalam games and gaming, terjadi pula adopsi dalam skala relatif sedikit luas untuk teknologi. Contoh terbaik virtual reality antara lain berbagai jenis program simulator yang memberi kesan benar-benar seperti menerbangkan pesawat terbang, atau program untuk konstruksi bangunan dalam 3D yang memungkinkan pengguna bernavigasi menyusuri kamar-kamarnya, dan digunakan oleh layanan darurat dan militer untuk berlatih teknik-teknik penyelamatan.


Sumber: Tom Wayteg, kamus internet, cara cepat dan praktis masuk dunia cyber,Surabaya: penerbit Liris cetakan I 2013 halaman 202

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel