Pengertian analisis isi


Brelson (1912) Merupakan suatu teknik penelitian untuk menghasilkan  deskripsi yang objektif, sistematis dan bersifat kauntitaif mengenai isi yang terungkap dalam komunikasi.

Budd, Thrope, dan Donahw (1967). Menurut mereka, analisis konten adalah suatu teknik yang sistematis untuk menganalisis makna pesan dan cara mengungkapkan pesan. Dalam pandangan ini tidak hanya tertarik pada pesan, tetapi juga pada pertanyaan-pertanyaan lebih luas tentang proses dan dampak komunikasi. Sellain itu dapat dipahami pula bahwa tujuan pokok analisis konten haruslah membuat inferensi karena tidak mungkin  peneliti mampu memahami dampak komunikasi tanpa membuat inferensi.
Stone (1966) menurutnya analisis isi adalah suatu teknik untuk membuat inferensi (simpulan) dengan mengidentifikasi karakteristik khusu secara objektif dan sistematis.
Krippendorff (1980) menurutnya analisis isi adalah teknik penelitian untuk membuat inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang dari data berdasarkan konteksnya.



sumber: Andi Prastowo, memahami metode-metode penelitian: suatu Tinjauan Teoristis dan Praksis ar-Ruzz Media Jogjakarta, 2011 halaman 78-79

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel