Pengertian motivasi



motivasi menurut James O. Whittaker adalah suatu kondisi atau keadaan yang mengaktifkan atau memberi dorongan kepada makhluk untuk bertingkahlaku mencapai tujuan.[1]
Dalam kamus psikologi motivasi diartikan sebagai suatu variabel perantara yang digunakan untuk menyalurkan perilaku menuju tujuan.[2]
Greenberg dan Baron mendefinisikan motivasi sebagai suatu proses yang membangkitkan, mengarahkan dan menjaga perilaku manusia agar terarah pada satu tujuan.[3]
Menurut Nashar motivasi berasal dari kata “motive” yang berarti dorongan, dan dengan dorongan inilah menyebabkan terjadinya tingkah laku ataupun perbuatan.[4]
Secara umum banyak pendapat yang mengemukakan tentang pengertian motivasi, sebagaimana Muhibbin Syah mengemukakan bahwa “ motivasi ialah keadaan internal organisme baik manusia atau hewan yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu”.[5]
Menurut Mc Donald yang dikutip oleh Oemar Hamalik, “motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri/pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan”.[6]
Sedangkan menurut Sardiman, motivasi adalah “serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang itu mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelakkan perasaan tidak suka itu”.[7]
Menurut Cholidjah Motivasi adalah suatu daya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau suatu keadaan yang menyebabkan seseorang siap untuk memulai serangkaian tingkah laku atau perbuatan.[8]


[1] Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan (Malang: Rineka Cipta, 1990), 193.
[2] Hafi Anshari, Kamus Psichologi (Surabaya: Usaha Nasional, 1996), 373.
[3] Ino Yuwono dkk., Psikologi Industri dan Orgaisasi (Surabaya: Fakultas Psikologi UNAIR, 2005), 62.
[4] Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran ( Jakarta: Delia Press,2004), 13.
[5] Muhibbin Syah, Psikologi Belajar ( Jakarta:Logos Wacana Ilmu,2001), 137.
[6] Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran  (Jakarta:Bumi Aksara,2005), 106.
[7] Sardiman, Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar (Jakarta:PT Raja Grafindo,1996), 75.
[8] Cholidjah Hasan, Dimensi – dimensi Psikologi Pendidikan Jakarta: Gramedia, 1992).10.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel