Pengertian strategi belajar aktif (active learning)
Saturday, November 5, 2011
Sebagaimana yang diungkapkan oleh Zaini dalam bukunya strategi pembelajaran aktif, bahwa “strategi belajar aktif adalah suatu strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif”.1
Dalam hal ini Zuhairini mengemukakan bahwa: “Strategi belajar aktif dapat diartikan sebagai proses belajar mengajar yang menggunakan berbagai metode, yang menitikberatkan kepada keaktifan siswa dan melibatkan berbagai potensi siswa, baik yang bersifat fisik, mental, emosional maupun intelektual untuk mencapai tujuan pendidikan yang berhubungan dengan wawasan kognitif, afektif, dan psikomotorik secara optimal.”2
2 Zuhairini, Metodologi,. 114.
Pengertian
active learning (pembelajaran aktf), mengacu pada teknik yang dilakukan
mahasiswa harus lebih dari sekedar mendengarkan kuliah. Gagasan ini memang
tidak baru dan bukan sekedar produk elearning. Akan tetapi, cara ini telah
mendapat dorongan besar melalui elearning, yang sangat diasosiasikan dengan
banyak bentuk pembelajaran aktif:contructivism, self-directed learning,
interaction, dan proses-proses lain yang melibatkan pembelajaran untuk terlibat
secara aktif dan bukan sekedar mode pasif.
Mengadaptasi
pembelajaran aktif ini kelingkungan online biasanya melibatkan dialog dengan
pengajar atau dengan pembelajar lain, mengamati atau ambil bagian dalam case
study (studi kasus), role play (bermain peran) atau simulasi. Sering ada
perlawanan terhadap pembelajaran aktif oleh mahasiswa yang terbiasa kuliah atau
yang lebih memilih belajar pasif. Oleh karena itu, para mahasiswa perlu
dipersiapkan dengan cara menjelaskan tujuan pembelajaran aktif dan menawarkan
dukungan dalam tahap-tahap awal program belajar.
Sumber: Robin
Mason & Frank Rennie, Elearning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan
Internet Diterjemahkan dari Elearning Taylor Francis, London-New York, 2009
Edisi Indonesia diterbitkan Pustaka Baca Yogyakarta, cetakan I, Januari 2010,
halaman3-4