Pengertian strategi belajar aktif (active learning)

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Zaini dalam bukunya strategi pembelajaran aktif, bahwa “strategi belajar aktif adalah suatu strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif”.1
Dalam hal ini Zuhairini mengemukakan bahwa: “Strategi belajar aktif dapat diartikan sebagai proses belajar mengajar yang menggunakan berbagai metode, yang menitikberatkan kepada keaktifan siswa dan melibatkan berbagai potensi siswa, baik yang bersifat fisik, mental, emosional maupun intelektual untuk mencapai tujuan pendidikan yang berhubungan dengan wawasan kognitif, afektif, dan psikomotorik secara optimal.”2
1 Hisyam Zaini, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif (Yogjakarta: 

CTSD, 2007), xvi.

2 Zuhairini, Metodologi,. 114.



Pengertian active learning (pembelajaran aktf), mengacu pada teknik yang dilakukan mahasiswa harus lebih dari sekedar mendengarkan kuliah. Gagasan ini memang tidak baru dan bukan sekedar produk elearning. Akan tetapi, cara ini telah mendapat dorongan besar melalui elearning, yang sangat diasosiasikan dengan banyak bentuk pembelajaran aktif:contructivism, self-directed learning, interaction, dan proses-proses lain yang melibatkan pembelajaran untuk terlibat secara aktif dan bukan sekedar mode pasif.
Mengadaptasi pembelajaran aktif ini kelingkungan online biasanya melibatkan dialog dengan pengajar atau dengan pembelajar lain, mengamati atau ambil bagian dalam case study (studi kasus), role play (bermain peran) atau simulasi. Sering ada perlawanan terhadap pembelajaran aktif oleh mahasiswa yang terbiasa kuliah atau yang lebih memilih belajar pasif. Oleh karena itu, para mahasiswa perlu dipersiapkan dengan cara menjelaskan tujuan pembelajaran aktif dan menawarkan dukungan dalam tahap-tahap awal program belajar.

Sumber: Robin Mason & Frank Rennie, Elearning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet Diterjemahkan dari Elearning Taylor Francis, London-New York, 2009 Edisi Indonesia diterbitkan Pustaka Baca Yogyakarta, cetakan I, Januari 2010, halaman3-4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel