Pengertian psikologi pendidikan

Psikologi pendidikan menurut sebagian ahli adalah subdisiplin psikologi, bukan psikologi itu sendiri, mereka menganggap psikologi pendidikan tidak memiliki teori, konsep, metode sendiri.[1]
Menurut arthur s.reber (1988) seorang guru besra pada brooklyn college, dalam pandanganannya, psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan.[2]
Barlow (1985) mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas sebagai seornag guru dalam proses belajar mengajar secara lebih efektif. Definsi ini ditekankan secara lahiriyah hanya berkisar proses interaksi antarguru-siswa dalam kelas.[3]
Tardif (1987) psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang prilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.[4]
M. buchori (2978) psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.[5]




[1] Muhibbin syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA,2007), 12

[2] Muhibbin syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA,2007), 12

[3] Muhibbin syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA,2007), 12

[4] Muhibbin syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA,2007), 13

[5] Muhibbin syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA,2007), 13

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel