pengertian pendidikan

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata didik artinya memelihara dan memberi latihan(ajaran, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Jika pendidikan yaitu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan[1].
Makna pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan. Istilah pendidikan ini menurut Carter V. Good dalam “Dictionary Of Education” dijelaskan sebagai berikut :
1.      Seni, praktek atau profesi sebagai pengajar (pengajaran).
2.      Ilmu yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip-prinnsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan  murid ; dalam arti luas digantikan dengan istilah pendidikan.
Menurut Prof. Richey dalam buku :Planning for Teaching an Introdution ti Education” dinyatakan istilah pendidikan berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi muda) bagi penunai kewajiban dan tanggungjawabnya didalam masyarakat. Jadi pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas dari pada proses yang berlangsung didalam sekolah saja[2].
Definisi pendidikan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, menjelaskan bahwa: 
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.3

Sedangkan dalam kamus pendidikan, definisi pendidikan adalah “upaya membantu peserta didik untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, kecakapan, nilai, sikap dan pola tingkah laku yang berguna bagi hidupnya4

[1] Balai Pustaka, KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) ( Jakarta : Balai Pustaka, 1989 ), 204
[2] Noor Syam Dkk, Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan ( Surabaya: Usaha Nasional, 2003), 3-4

3 UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, 1.
4 St. Vembriarto, dkk, Kamus Pendidikan (Jakarta: Grasindo, 1994), 47.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel